Saturday 4 January 2014

Pengenalan Komputer

Sebuah mesin yang tidak bisa lepas dari aktivitas masyarakat modern yang kita kenal dengan nama ‘ Computer ‘ . baik  Sebelum Kita berkenalan lebih jauh tentang computer ,kita harus tau dulu sejarah computer .
1. sejarah Komputer
Kata Komputer diambil dalam bahasa latin yaitu ‘computare’  yang berarti menghitung ( To compute ) kata computer dahulunya di gunakan untuk orang yang kerjanya menghitung aritmatika dengan menggunakan atau tidak menggunakan alat.namun seiring di temukan mesin ini kata tersebut di pakai untuk menamai mesin yang kita pakai dan kita kenal sekarang yaitu ‘ Computer’ . Komputer pertama di temukan mempunyai panjang 30 M, Bobot 30 TON dan menghabiskan listrik 174 kilowatts.  Yang kemudian di namai ‘ENIAC’ pada tahun 1946 .
Definisi dari computer tersebut adalah sekelompok mesin elektronik yang diperintah oleh pengendali, pengendali itu di simpan dalam memori yang kemudian diproses untuk mengeluarkan / memberikan informasi , yang terdiri dari peralatan input dan output .
2. Jenis Jenis Komputer
Jenis jenis computer berikut di golongkan bedasarkan Generasi , bentuk computer, dan data yang diolah / penggunaanya .
● Komputer Analog
Computer ini digunakan untuk mengatur suhu, kecepatan suara atau pun voltase listrik, Komputer ini bekerja secara continue di Komputer ini juga data tidak berbentuk angka tapi data yang berbentuk fisik dan parallel
●  Komputer digital
Inilah jenis computer sekarang, data yang di olah berupa huruf, angka , kombinasi huruf dll (kuantitatif) Komputer ini memerlukan bahasa perantara. bahasa perantara nya dalah Desktop Komputer, PC , Laptop yang kita gunakan sekarang .
● Komputer Hybrid
Komputer jenis ini merupakan computer gabungan antara Digital dengan Analog .
● Super Komputer
Komputer ini jarang sekali yang kita lihat yang biasanya ada di perusahaan besar / universitas . computer ini harganya relative mahal karena digunakan untuk perhitungan yang sangat kompleks .
● Mainframe computer
Komputer ini biasanya di gunakan untuk multi tasking atau keperluan secara bersamaan seperti menjalankan program atau memproses data.
● minicomputer
Komputer ini digunakan untuk server jaringan / server internet  . computer ini bentuknya lebih kecil dari jenis mainframe dan lebih besar dari microcomputer
●Microcomputer
Computer inilah yang sangat familiar dengan kita yang sering kita lihat dan gunakan sekarang inidan digunakan oleh pribadi . computer ini mencakup Deskop Computer, laptop , notebook dll .
Setelah kita mengetahui sejarah  computer mari kita berbicara tentang komponen yang biasanya melekat pada computer . Kita mulai dulu dari Hardware baik input maupun output .
◦ CPU
Inilah mesin yang merupakan otak atau kendali utama tanpa adanya ini computer tidak akan menyala dan tidak dinamakan computer . walaupun ada jenis computer portable yang kita kenal dengan ‘Laptop‘ . namun tetap saja laptop juga memiki CPu yang berukuran lebih kecil .
Fungsi utama nya adalah mengendalikan input dan output dan mengambil intruksi yang kita perintah .
◦ Monitor
Perangkat ini di gunakan untuk menampilkan informasi yang kita perintah di CPU tadi atau yang sering disebut layar . monitor ini juga memiki beberapa jenis di bedakan dari warna yang di hasilkan .
- Monitor Monochrome : jenis ini merupakan monitor jadul (jaman dulu red.) yang berwarna hitam putih ,kuning hitam dan hijau hitam, hanya terdiri dari warna background dan foreground. Monitor ini mungkin hampir punah  kalaupun ada paling tinggal sedikit.
- Monitor gray scale : jenis special dari jenis monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu .
- Monitor Color : inilah jenis yang monitor yang lebih berwarna yang memiliki komposisi warna 16 hingga 1 juta warna. Jenis ini adalah monitor yang banyak di pakai sekarang.
Dari bentuk monitor tersebut juga terdiri dari 2 macam :
- Monitor deskop : ini adalah monitor yang memiliki bentuk fisik yang besar dan juga berat layarnya cembung.
- Monitor LCD / LED : jenis ini merupakan monitor yang lebih modern berbentuk tipis, berbobot ringan dan berlayar datar .
◦Mouse adalah sebuah perangkat yang di gunakan untuk mengarahkan pointer pada computer .
◦ Keyboard adalah perangkat input yang di gunakan untuk memasukan angka,huruf tulisan maunpun symbol symbol.
● SOFTWARE
     Adalah  suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun dari berbagai prosedur dalam hal pemrosesan data .
software terdiri dari 2 jenis yaitu :
◦ System Operasi ( operating system)
Inilah ruh dari computer yang tugasnya  mengontrol dan menkordinir berbagai aplikasi serta penggunaan hardware .
◦ Program aplikasi
Software ini di gunakan sebagai penyelesai  masalah user dengan berbagai kegunaan .
Diharapkan setelah Berkenalan dengan computer yang di jelaskan secara singkat ini user/ pengguna tidak hanya memakai computer saja tetapi tau asal muasal computer serta bentuk dan komponen yang ada di computer tersebut . sekian semoga bermanfaat dan menambah wawasan

Related Post:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Iptek-4u - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons